Senin, 13 Maret 2017

PENDAHULUAN (PENGENALAN LIMIT)

PENGANTAR

Blog math is simple merupakan blog pendidikan yang dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika yang dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun. Blog ini sengaja saya rancang sebagai media pembelajaran matematika di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Yogyakarta dalam rangka penelitian tugas akhir.

Selamat Pagi, Siang, Sore atau Malam (menyesuaikan keadaan) para pembaca khususnya siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Yogyakarta.  Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai materi Limit Fungsi. 


LIMIT FUNGSI

Limit fungsi merupakan salah satu materi kalkulus dalam matematika. Limit fungsi dipelajari di SMA kelas XI semester genap (KTSP). Lalu apa itu limit? Apa itu Limit fungsi?

Perkataan limit sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan seseorang berkata,”Batas kesabaran saya sudah hampir habis.”atau ”Kartu kredit yang anda gunakan hampir mendekati limit. Saya tidak bisa membalas BBM karena kuota limit, Tas ini Limited Edition ”Selain kalimat- kalimat tersebut, masih banyak contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata limit.
Kata batas, hampir, dan limit memiliki makna menuju atau mendekati sesuatu, teramat dekat, tetapi tidak dapat mencapainya atau tidak dapat tepat sama. Penggunaan kata-kata tersebut memiliki hubungan dengan kata limit yang akan kita pelajari, meskipun hubungannya tidak terlalu banyak.


Limit dalam Matematika
Dalam bahasa matematika, limit artinya hampir sama dengan istilah mendekati, akibatnya nilai limit sering dikatakan sebagai nilai pendekatan. limit menjelaskan nilai suatu fungsi jika didekati dari titik tertentu. Mengapa harus didekati dari titik-titik tertentu dan bukan tepat di titik tertentu tersebut? Hal ini disebabkan tidak semua fungsi terdefinisi pada semua titik.
Contoh:


Berikut ini Video mengenai arti kata Limit dan Penerapan limit dalam kehidupan sehari-hari:


Selain arti kata limit yang sering kita temui di dalam kehidupan sehari-hari, Limit fungsi  juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa penerapan limit dalam kehidupan sehari-hari:














Sebelum masuk lebih jauh pada materi limit fungsi, mari kita simak peta konsep materi-materi yang akan kita pelajari pada bab LIMIT FUNGSI:




Demikian gambaran awal menegenai materi limit fungsi, selanjutnya kita akan mempelajari mengenai pengertian limit dan Limit fungsi Aljabar. Untuk pembahasan lebih lanjut tunggu postingan berikutnya ☺☺☺

3 komentar: